Jumat, 30 Mei 2008

Pergi ke Hawaii

BEPERGIAN ke Hawaii, salah satu negara bagian Amerika Serikat gampang asal ada uangnya. Untuk urusan uang ini, saya ndak dapat menolong. Termurah pakai China Airline, ngalor lewat Taipeh terus menggok ngetan sampai Honolulu. Tapi pilotnya kok cok ngawur, China Airline satu jatuh di Hongkong International, cross windnya terlalu kencang, pilotnya sajakke kok punya noniek yang nunggu, nekat landing, 747-nya terjungkir.

Lalu satu lagi flight Denpasar-Taipeh, pilotnya dalam hujan lebat ndak dapat lihat airstrip of Taipeh International, ceblok. Apa ndak bisa instrument landing?

Ongkos Jakarta-Taipeh-Honolulu plus-minus$US 1000.00. Kalau pakai US carrier ngambilnya dari Singapore pakai United atau Northwestern atau Japan Airline ngalor ke HongKong, Tokyo terus menggok ngetan nonstop ke Hawaii. Tapi mahalnya ngudubilah setan

Saya tidak tahu apa US Embassy di Merdeka Selatan membutuhkan ananda setor uang, karena takut tourists masuk US pakai tourist visa terus ndak mau pulang Jakarta lagi. Saya tidak tahu apakah Immigration service ditanah air masih meminta dana exit permit. Yang terang Airport tax ditambahkan, jadi ongkosnya kelihatannya sedikit, tapi selalu ditambahi embel embel. Gitulah modelnya tanah air, selalu mempersukar rakyatnya sendiri.

Kalau mau tidur dilantai di rumah kami (town house) dapat kami sediakan, masak sendiri, cuci sendiri, karena pakde sudah tua (70 tahun) wegah ini wegah itu.

Honolulu letaknya dipulau Oahu, sebesar Bali. Lebih bersih, jalannya lebar, jadi lalu lintas teratur. Bus servicenya bagus sekali, sekali naik $ 1.00 boleh transfer asal ke satu jurusan. Tidak ada orang ngamen, dilarang merokok and fully air conditioned. Pantainya seperti Senggigi beach (Lombok), atau Gili Trawangan. Sebetulnya Pasir putih sebelah timur Probolinggo (East Jave) itu bagus seperti pantai2 di Hawaii, tapi manusia tanah air masih jorok, war wer war wer, apa2 dibuang saksukanya sinyo.

Karena pulau kecil, geography nya ya kaya Bali, ditengah pulau ada pegunungan (dormant), jadi in theory di Hawaii nyopir ndak pernah kesasar, either masuk jurang di pegunungan atau tenggelam di Pacific Ocean, atau putar putar pulau seperti merry-go-round. Kalau mau buang uang belanja. dari Nieman Marcus yang mahalnya bukan main sampai pasar loak, apa2 ada.

Perkara makanan compleet, karena Hawaii betul multiracial, Tionghwa, Japan, Philipine, VietNam, Thai, regular American,Italian, Mexican food, dari yang mahal sampai yang klas kambing ya ada. Bali Indonesia Restaurant satu satunya restaurant Indonesia, menyediakan nasi rames, tahu telor, sate, gado2, bakmie, es teler, dawet compleet deh, tapi ya mahal, gambarkan tahu telur $5.50.

Bikin sendiri tahu sakhohah cuman $1.00 telur ayam sak dozen cuman $1.00. Yang punya
pengusaha dari Bandung, mempunyai perusahaan mengimport meubels kayu jati. Kalau mau nightclubbing dari, segala macam ya ada, Nonie2 setengah telanjang, dan during ladies night, joko2 pakai swimsuit yang tipis, ya ada. Atau Polynesian revue pakai noniek2 Tahiti goyang brutunya. Atau cuman ndengerken soft piano di piano bar sama kekasih ananda Annie ya ada.

Mau kepantai, klekaran di pasir, sun bathing, ya bisa, ibu2 Indonesia kalau ke beach malah
mbawa payung, takut item. Lupa semboyan Black is beautiful. Kalau kasi alamat rumah ananda Annie, dapat saya kirimi brochures2 re : Hawaii Travel via snail mail.

Soal anda mau belajar ke Universitas di Hawaii juga gampang terlaksana. Untuk Academic Year 2000/2001 lebih baik diurus mulai sekarang.

In a nut shell UH adalah a State University, diongkosi oleh Negara bagian Hawaii. Uh menerima uang banyak dari perusahaan2/Negara Federal USA /foreign Nations yang membuat research di UH. Yang baik: Tropical Agriculture, Oceanography, Hotel and Tourism part of School of Business, Asian Studies, Ethno Musicology mainly Asian Music, Aquaculture, Public Helath. Lain2 jurusan sedang2 saja.

Graduation requirement: 120 credit hours untuk BS/BA (major studies 60 Credit) plus 60 cr.hrs. for MS/MA/MEd (Master thesis equivalent to 5 cr. hrs) plus 45 cr.hrs for PhD. Other PhD requirements: one major foreign language, comprehensive exam (oral and written), Research Methods/Statistics/Tests and Measurements dan mempertahankan PhD thesis, setelah thesis disetujui oleh promotors ananda.

Hidup di Hawaii mahal. Honolulu is a tourist destination city seperti San Francisco, New York, dll kota tourists. Perumahan mahal, pakaian murah tidak usah beli winter outfit, makan ala Indonesia murah: nasi,ayam goreng, sardines, indomie dan semacam itu, luxury food items seperti steak/lobster bukan main mahalnya.

Gangguan belajar banyak, night clubs, shows, bars, dancing, Waikiki beach, dan pantai2 lainnya, surfing, scuba diving, dllnya .

Official requirements seperti, passport, visa - student, financial responsibilities, harus beres sebelum datang ke Honolulu. Banyak mahasiswa Indonesia disini, short-terms non degree yang dikirim pemerintah dan anak2 orang2 yang berada, yang kepingin punya degree dari Hawaii. Saya sendiri masih jadi mahasiswa di UH, di Hawaii ada perauturan Senior citizens 60 keatas yang membayar pajak di Negara Hawaii bisa menjadi mahasiswa bebas beaya, untuk nondegree program, agar otak orang tuwek2 ini tidak stagnant.

Posting dari Pakde Kendro pada 15 dan 16 September 1999

1 komentar:

CV Kayu Alas Indonesia mengatakan...

jadi pengen dolan ke hawii
ehmm trus ndak punya teman trus py??

tinggal dmn ya!

info dunk kalo berkenan mbantu

regards

hari
kayualas@gmail.com